Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

A. Visi

MENJADI PUSAT STUDI PENDIDIKAN DASAR YANG BERWAWASAN KEILMUAN KLASIK ISLAM YANG RAMAH DAN RESPONSIF TERHADAP REALITAS

Penjelasan frasa kalimat visi:

  1. Menjadi pusat studi pendidikan dasarmenekankan pada cita-cita prodi sebagai referensi utama atau terdepan dalam pengembangan pendidikan dasar melalui kajian, riset, pengabdian dan kerja sama, dengan fokus pada penerapan prinsip-prinsip pendidikan yang berbasis pada spirit keilmuan klasik Islam, serta responsif terhadap perubahan dan kebutuhan yang ada di masyarakat.
  2. Keilmuan klasik Islam mengacu pada spirit, pemahaman dan penguasaan ilmu-ilmu tradisional Islam yang berakar pada khazanah intelektual Islam, seperti akidah (teologi Islam), fikih (hukum Islam), akhlak/tasawuf (spiritualitas), tafsir (penafsiran Al-Qur’an), serta hadis (ajaran dan praktik Nabi Muhammad SAW). Keilmuan ini berperan sebagai landasan berpikir dan bertindak bagi lulusan program studi, yang dipadukan dengan sikap ramah dan adaptif terhadap perubahan dan kebutuhan masyarakat kontemporer. Dengan dasar keilmuan klasik Islam ini, lulusan diharapkan memiliki perspektif yang kuat dalam nilai-nilai Islam sekaligus mampu mengembangkan pemahaman yang relevan dan konstruktif terhadap realitas sosial, budaya, dan teknologi modern.
  3. Ramah dan responsif terhadap realitas menunjukkan kemampuan lulusan untuk memahami, menilai, dan menanggapi perubahan dan tantangan di masyarakat secara proaktif, termasuk dalam aspek sosial, budaya, pendidikan, dan teknologi.Dengan sikap ramah dan responsif ini, lulusan program studi diharapkan tidak hanya memiliki wawasan yang mendalam terhadap ilmu klasik Islam, tetapi juga mampu menghadirkan solusi yang relevan, kontekstual, dan bermanfaat bagi kebutuhan umat dan perkembangan zaman.

Profil lulusan:

  1. Guru pendidikan dasar. Guru pendidikan dasar yang dihasilkan dari program studi ini adalah sosok yang memiliki kompetensi dalam mengintegrasikan nilai-nilai keilmuan klasik Islam dengan metode pembelajaran modern. Mereka mampu mengajarkan ilmu pengetahuan dasar secara efektif, sekaligus menanamkan akhlak mulia kepada peserta didik. Guru ini juga bersikap ramah dalam menghadapi keragaman budaya, sosial, dan agama, serta responsif terhadap perkembangan teknologi dan perubahan kebutuhan masyarakat.
  2. Penelitipendidikan dasar. Peneliti pendidikan dasar yang dihasilkan memiliki pemahaman mendalam terhadap tradisi keilmuan Islam, termasuk warisan intelektual klasik, yang kemudian diterapkan dalam penelitian untuk menjawab tantangan kontemporer di bidang pendidikan. Mereka menghasilkan karya penelitian yang inovatif, aplikatif, dan relevan dengan realitas sosial, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dasar dalam berbagai konteks masyarakat.
  3. Penulis/penyedia bahan ajar dan analis pendidikan dasar.
  4. Mursyid umat. Mursyid umat adalah pembimbing yang memiliki kedalaman spiritual dan keilmuan klasik Islam, sehingga mampu menjadi rujukan dalam kehidupan beragama. Mereka tidak hanya menyampaikan nilai-nilai Islam secara santun dan bijak, tetapi juga memahami dinamika zaman, sehingga dapat memberikan solusi yang relevan dengan kebutuhan umat. Sikap ramah dan adaptif mereka menjadikan mereka diterima oleh berbagai kalangan masyarakat, termasuk dalam konteks multikultural dan global.

Jargon prodi: Referensi Utama Kajian Pendidikan Dasar Islam

 

B. Misi

  1. Pendidikan: Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas berlandaskan keilmuan klasik Islam dan mempersiapkan lulusan yang mampu menjadi guru, peneliti, dan mursyid umat yang berkarakter islami, moderat, serta responsif terhadap perkembangan zaman.
  2. Penelitian: Mengembangkan riset yang inovatif di bidang pendidikan dasar dan keilmuan klasik Islam untuk memperkaya wawasan keilmuan dan memberikan solusi nyata terhadap tantangan dalam pendidikan dan masyarakat.
  3. Pengabdian kepada Masyarakat: Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis pendidikan dan nilai-nilai keilmuan klasik Islam yang mendorong transformasi spiritual dan sosial.
  4. Kerjasama: Menjalin kerjasama yang luas dengan institusi pendidikan, lembaga riset, dan komunitas Islam untuk memperkuat kontribusi prodi dalam pengembangan pendidikan dasar dan keilmuan klasik Islam.

 

D. Tujuan

  1. Pendidikan: Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang pendidikan dasar dan keilmuan Islam, dengan keterampilan pedagogis yang unggul dan wawasan yang luas, serta mampu meresponstantangan zaman.
  2. Penelitian: Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan aplikatif, berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan dasar serta pengembangan keilmuan klasik Islam dalam konteks modern.
  3. Pengabdian kepada Masyarakat: Membangun keterlibatan aktif dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian yang berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dan kehidupan masyarakat.
  4. Kerjasama: Memperkuat jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan, riset, dan sosial di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

 

E. Sasaran:

  1. Pendidikan:
    1. Meningkatnya jumlah lulusan yang terserap di sektor pendidikan dasar dan mampu berperan aktif sebagai guru, peneliti, analis pendidikan, penyedia bahan ajar dan mursyid umat.
    2. Pengembangan kurikulum yang integratif, berbasis keilmuan klasik Islam yang kontekstual dan sesuai dengan tuntutan zaman.
  2. Penelitian:
    1. Meningkatnyajumlah dan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa dalam bidang pendidikan dasar dan keilmuan klasik Islam.
    2. Penerbitan hasil penelitian di jurnal ilmiah terakreditasi, baik nasional maupun internasional.
  3. Pengabdian kepada Masyarakat:
    1. Perluasan kegiatan pengabdian yang melibatkan mahasiswa dan dosen dalam bidang pendidikan dan bimbingan keagamaan, khususnya di masyarakat perdesaan atau kurang terlayani.
    2. Pengembangan program pemberdayaan masyarakat berbasis pendidikan Islam yang praktis dan inklusif.
  4. Kerjasama:
    1. Meningkatnya kerjasama dengan sekolah-sekolah, lembaga pendidikan, dan lembaga riset terkait pendidikan dasar.
    2. Terbangunnya kemitraan dengan organisasi keagamaan dan lembaga sosial untuk memperkuat pengabdian masyarakat dan pengembangan riset.

 

F. Strategi Pencapaian:

  1. Pendidikan:
    1. Mengintegrasikan kampus dengan Pondok Pesantren Al-Anwar 3 untuk penguatan keilmuan klasik Islam (turats) dengan sistem pembelajaran sorogan, bandongan, klasikal dan muhadarah.
    2. Mengimplementasikan kurikulum yang adaptif dan berbasis kompetensi, dengan mengintegrasikan nilai-nilai keilmuan klasik Islam dan pedagogi modern.
    3. Mengembangkan metode pembelajaran yang interaktif dan berbasis teknologi, untuk membentuk lulusan yang siap menghadapi dinamika pendidikan global.
    4. Meningkatkan kualitas tenaga pengajar melalui program pendidikan, pelatihan dan sertifikasi berkelanjutan.
    5. Mengintegrasikan pengajaran berbasis proyek yang berfokus pada solusi bagi masalah pendidikan dasar.
  2. Penelitian:
    1. Memberikan dukungan kepada dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian dengan fasilitas dan pendanaan yang memadai.
    2. Mengadakan seminar, konferensi, dan lokakaryauntuk mendorong publikasi dan diseminasi hasil penelitian di bidang pendidikan dasar dan keilmuan Islam.
    3. Meningkatkan kolaborasi penelitian antar-dosen dan mahasiswa, serta dengan lembaga riset eksternal.
    4. Mengembangkan Pusat Kajian Pendidikan Islam Klasik(PuKPIK) untuk mengoptimalkan hasil riset.
    5. Pengabdian kepada Masyarakat:
    6. Mengadakan program-program pengabdian yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, seperti pelatihan guru di daerah terpencil, pemberdayaan umat melalui pendidikan agama, dan penyuluhan tentang pendidikan karakter.
    7. Membangun kemitraan dengan komunitas dan lembaga-lembaga sosial untuk mengidentifikasi dan mengatasi tantangan di bidang pendidikan dasar dan pembinaan spiritual masyarakat
    8. Mendorong mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis pengabdian masyarakat partisipatif (PAR) yang berfokus pada pendidikan dasar dan bimbingan keagamaan.
    9. Menyediakan platform digital untuk memperluas jangkauan program pengabdian melalui pelatihan daring dan pembinaan jarak jauh.
  3. Kerjasama:
    1. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan sekolah-sekolah Islam, lembaga penelitian, dan organisasi keagamaan di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
    2. Mengikuti dan menyelenggarakan konferensi, seminar, dan lokakarya bersama dengan mitra strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan riset.
    3. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah untuk mendukung program pengembangan pendidikan dasar dan keilmuan Islam.
    4. Membangun program pertukaran pelajar dan dosen dengan institusi pendidikan Islam terkemuka di dalam maupun luar negeri untuk memperkaya pengalaman akademik.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.