Dr. Muhammad Najib, Lc., M.Th.I.

Biografi:

Muhammad Najib alias Moh. Najib Buchori adalah putra kedua dari pasangan almarhum Bapak Ahmad Buchori Masroeri dan Ibu Masti’ah. Ia lahir di Grobogan Pada 5 Mei 1971. Pendidikan dasarnya sempat ditempuh selama 2 tahun di SD Ma’had Islam Semarang kemudian pindah ke Selo Tawangharjo Grobogan dan menyelesaikan pendidikan dasarnya di MI Sunniyah di desa yang sama pada tahun 1983. Ia melanjutkan ke jenjang SLTP di Pesantren Maslakul Huda Kajen Pati yang diasuh oleh almarhum KH. M.A. Sahal Mahfudh dan menyelesaikan pendidikan menengah pertama di Perguruan Islam Mathali’ul Falah pada tahun 1986 di desa yang sama. Pendidikan SLTA diselesaikan di Madrasah Ghozaliyah Syafi’iyah Sarang Rembang pada tahun 1992 saat menjadi santri di PP Al-Anwar Sarang Rembang yang diasuh oleh almarhum KH. Maimoen Zubair. Pada tahun yang sama ia melanjutkan pendidikannya di Al-Azhar Mesir dan menyelesaikan program S1 jurusan Tafsir pada tahun 1996. Setelah menimba pengalaman di berbagai dunia kerja, ia melanjutkan pendidikan S2 Program Studi Ilmu al-Qur`an dan Tafsir di UIN Sunan Ampel Surabaya dan menyelesaikannya tahun 2016. Masih dengan Institusi dan Program Studi yang sama, ia menamatkan jenjang doktoralnya di tahun 2023. Saat ini ia dipercaya sebagai salah satu wakil ketua di STAI Al-Anwar Sarang rembang dan berdomisili di Desa Pabeyan, Kec. Tambabkboyo, Kab. Tuban serta dikaruniai empat anak dari istri Dzurraotun Nasihah yang dinikahinya tahun 2001.

Persinggungannya dengan bidang fikih telah dimulainya sejak di pesantren dan terasah melalui forum Bahtsul Masail antar pesantren. Keterlibatannya dengan dunia Bahtsul Masail masih berlanjut hingga sekarang. Tahun 2017 ia dipercaya sebagai Tim Perumus Bahtsul Masail tentang Kepemimpinan non Muslim di Jakarta yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat GP Ansor. Tahun 2018 ia menjadi Tim Perumus Bahtsul Masail tentang Fikih Penyandang Disabilitas di Jakarta yang diselenggarakan oleh P3M. Di tahun 2021 ia diundang sebagai narasumber dalam Bincang Fikih tentang Cryptocurency di Jakarta. Pada tahun 2022 ia menjadi narasumber dalam webinar tentang Falak dan Penetapan Awal Bulan Hijriyah yang diselenggarakan oleh Lajnah Falakiyah NU. Sejak tahun 2015 ia aktif terlibat di dalam perumusan Bahtsul Masail yang diselenggarakan PBNU. Pengalamannya di bidang fikih juga diperolehnya melalui dunia mengajar, ketika ia dipercaya mengampu mata kuliah Maqashid Syariah di Ma’had Aly Ghozaliyah Sarang Rembang dari tahun 2008 sampai dengan 2012. Pengalamannya dengan bidang terjemah dimulai saat masih di Kairo, ketika ia dipercaya sebagai penerjemah dokumen mahasiswa baru. Pada tahun 1998 ia menerjemahkan Muqaddimah fī ‘Ilm al-Istighrāb karya Hasan Hanafi dan diterbitkan Paramadina. Tahun 2017 ia menjadi peserta dalam Konsultasi Publik tentang “Al-Qur`an dan Terjemahannya” edisi 2019 di Sarang Rembang yang diselenggarakan oleh LPMQ. Tahun 2019 ia diundang sebagai peserta dalam Uji Publik “Al-Qur`an dan Terjemahannya” edisi 2019 yang diselenggarakan LPMQ di Bandung. Tahun 2020 ia menjadi narasumber dalam webinar tentang “Al-Qur`an dan Terjemahannya” edisi 2019 yang diselenggarakan LPMQ.

Email: najibbuchori@staialanwar.ac.id

Publikasi:

  • Buku
    Oksidentalisme: sikap kita terhadap tradisi Barat. 1999. Jakarta: Paramadina.

 

  • Jurnal
  1. ANALISA ASBAB AL-NUZUL AL-WAHIDI DAN AL-SUYUTI Pada Al-Nur 3 dan Al-Furqan 68-70 (LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan)
  2. TELAAH PENGGUNAAN MANHAJ QIRĀĀT AL-MUFASSIRAH TERHADAP PERBEDAAN QIRĀĀT DALAM JUZ ‘AMMA (AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an https://doi.org/10.47454/alitqan.v9i1.979)
  3. KONSISTENSI PENGGUNAAN METODE PENERJEMAHAN LAFAZ RAḤMĀN DALAM “AL-QUR’AN DAN TERJEMAHANNYA EDISI PENYEMPURNAAN 2019” KARYA KEMENAG RI (AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an https://doi.org/10.47454/itqan.v7i2.761)
  4. HUBUNGAN KAWAN-LAWAN ANTARA MUSLIM DAN NON-MUSLIM: Kajian Tematik Etnografis Surah al-Mumtaḥanah (AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an https://doi.org/10.47454/itqan.v6i2.723)
  5. Koreksi Muḥammad Ṭālib Atas Terjemah Al-Quran Kemenag RI:(Uji Validitas) (AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an https://doi.org/10.47454/itqan.v2i2.38)
  6. PEMBAKUAN MUSHAF UTHMANI (AL-A’RAF Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat)
  7. Korelasi I’rob dan Makna dalam Tafsir Al-Kashshāf (AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an https://doi.org/10.47454/itqan.v1i2.21)
  8. EPISTEMOLOGI TAFSIR AL-JABIRI: KRITIK ATAS FAHM AL-QURAN, AL-TAFSĪR AL-WĀḌIḤ ḤASBA TARTĪB AL-NUZŪL (AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an https://doi.org/10.47454/itqan.v1i2.7)
  9. KISAH NABI ADAM ALAYHI AL-SALĀM DALAM AL-QUR’AN: Pendekatan Tafsir Tematik (AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an https://doi.org/10.47454/itqan.v1i1.9)

 

  • Website
  1. Perjalanan Sejarah Politik NU Sejak Berdiri Hingga Keputusan Kembali ke Khittah (https://mazinov.wordpress.com/2014/01/16/perjalanan-sejarah-politik-nu-sejak-berdiri-hingga-keputusan-kembali-ke-khittah/)
  2. Kisah al-Qur`an dalam Pandangan al-Jabiri (https://mazinov.wordpress.com/2013/11/19/kisah-al-quran-dalam-pandangan-al-jabiri/)
  3. Kebebasan Menentukan Harga dalam Muamalah Islam (https://mazinov.wordpress.com/2013/06/15/kebebasan-menentukan-harga-dalam-muamalah-islam/)
  4. Propaganda Paus Urbanus II, Sejarah Perang Salib Dalam Perspektif Penulis Barat (https://mazinov.wordpress.com/2013/03/29/propaganda-paus-urbanus-ii-sejarah-perang-salib-dalam-perspektif-penulis-barat/)
  5. Kajian Fiqh, Antara Pendekatan Substansial dan Pendekatan Formal (https://mazinov.wordpress.com/2012/11/01/antara-pendekatan-substansial-dan-pendekatan-formal-dalam-kajian-fiqh/)
  6. Jual Beli Tebasan Dan Permasalahannya (https://mazinov.wordpress.com/2012/11/01/jual-beli-tebasan-dan-permasalahannya/)

Minat Kajian:

Tafsir dan Islamic Studies.