Dr. H. Bisri Musthofa, M.Pd.I,

Biografi:

Dr. H. Bisri Musthofa, M.Pd.I, lahir di Malang, Jawa Timur pada tanggal 2 Maret 1989. Saat ini tinggal di Jl. KH. Bisri Mustofa 26B RT/RW 02/01 kelurahan Leteh Kab. Rembang. Pendidikan sarjana (S1) lulus tahun 2011 pada prodi Pendidikan Agama Islam dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sementara pada jenjang Magister (S2) lulus dari kampus yang sama pada tahun 2016. Pada tahun 2017 ia melanjutkan Pendidikan pada program Doktor (S3) Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Malang (UM) dan berhasil menyelesaikan dan lulus pada tahun 2022. Selain Pendidikan formal ia juga menempuh Pendidikan di pesantren diantaranya PP. Tarbiyatus Shibyan Kab. Malang (9 tahun) dan PP. Salafiyah Al-Ittihad Kab. Malang (3 tahun).

Ia pernah menjadi pengurus dan tenaga pengajar di Ma’had al-Jami’ah UIN Malang (2011 – 2017). Selain itu juga tergabung sebagai instruktur literasi sosial budaya pada proyek REP-MEQR (Realizing Education’s Promise – Madrasah Education Quality Reform) yang bertujuan untuk meningkatkan mutu Pendidikan Madrasah di Indonesia pada Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama pada tahun 2022 dan 2023. Saat ini aktif sebagai sekretaris Pengurus cabang Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kab. Rembang. Selain itu sebagai dosen tetap di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang sejak 2021. Kegiatan seminar internasional di Universitas Teknologi MARA (UiTM) Malaysia tahun 2021 diikuti sebagai presenter dengan penelitian berjudul “The effect of conceptual scaffolding on problem solving ability of novice student”. Beberapa proyek penelitian yang pernah dilakukan antara lain: “Keberterimaan Guru Indonesia pada Teknologi Pembelajaran Online selama Pandemi COVID-19” pada tahun 2023 dan “Keberterimaan Platform Merdeka Mengajar Pada Guru Sekolah Dasar Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)” pada tahun 2024.

Daftar Publikasi:

  1. Motivation and learning outcomes through the internet of things; learning in pesantren pada Journal of Physics: Conference Series tahun 2019 (Index: Scopus)
  2. The Effect of Quipper School Assisted Blended Learning (QSBL) on Student Motivation and Interest in Learning pada Journal of Physics: Conference Series tahun 2021 (Index: Scopus)
  3. Indonesian Teachers’ Acceptance on Online Teaching Technology During the COVID-19 Pandemic pada European Journal of Educational Research tahun 2024 (Index: Scopus)
  4. Pengaruh Scaffolding Konseptual Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pemula pada Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) tahun 2024 (Index: Sinta)
  5. Peran Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa pada Journal of Advanced Research and Studies in Islamic Education (JARSIE) tahun 2025

Minat Kajian:

Instructional technology

Technology Acceptance Model (TAM)

Structural Equation Model (SEM)