Syarifatul Fitri Hidayah, M.Pd.

Biografi:

Syarifatul Fitri Hidayah, M.Pd., lahir di Rembang, 16 Februari 1996. Pendidikan dasar ditempuh di SD Negeri 2 Lemahputih Kecamatan Sedan, kemudian melanjutkan jenjang menengah di MTs Hidayatul Muslimin Kumbo dan MAN 2 Bojonegoro. Setelah menyelesaikan Pendidikan menengah, ia melanjutkan pendidikan Strata Satu (S1) di Universitas Islam Malang, dan berhasil meraih gelar Magister Pendidikan (S2) dari Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Selain aktif melakukan penelitian dan publikasi ilmiah di bidang pendidikan, Syarifatul Fitri Hidayah juga konsisten menaruh perhatian besar terhadap pengembangan profesionalisme guru serta pendidikan karakter di sekolah dasar Islam. Bidang kepakarannya meliputi Teacher Professional Development, Character Education, Teaching Methods, dan Development of learning model.

Di lingkungan akademik, Syarifatul Fitri Hidayah saat ini menjabat sebagai Editor in Chief Islamic Elementary Education Journal (IEEJ), sebuah jurnal ilmiah yang fokus pada pengembangan ilmu pendidikan dasar Islam. Selain itu, ia dipercaya sebagai Ketua Pusat Kajian Pendidikan Islam Klasik (PUKPIK), yang aktif menginisiasi program pengembangan kurikulum pendidikan berbasis karakter dan keislaman klasik.

Tulisan-tulisannya dipublikasikan dalam jurnal nasional dan prosiding seminar, khususnya terkait metode pembelajaran inovatif dan penguatan karakter di Madrasah Ibtidaiah. Kini, selain aktif sebagai dosen dan peneliti, ia mengembangkan model-model pembelajaran kontekstual.

 Email: fitrihidayah@staialanwar.ac.id

Daftar Publikasi:

Jurnal:

  1. Problem-Based Learning in Pancasila and Civic Education and Its Implications on Students’ National Character (Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan IslamUIN Salatiga) https://doi.org/10.18326/mdr.v14i2.102-120
  2. Berbahasa Jawa Krama: Solusi Pembentukan Karakter Bersahabat/Komunikatif Siswa di Madrasah Ibtidaiah(Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam)
  3. Portfolio Assessment Implementation Model in Islamic Religious Learning: A Case Study at State Islamic Senior High School 1 Bojonegoro (Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam)
  4. Harnessing Gemini for Arabic Mastery: Educators’ and Learners’ Views (Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab) https://doi.org/10.19105/ajpba.v5i2.14808
  1. Educational Transformation di Pesantren Pada Generasi-Z Melalui Traditional Oriented-Characters Based Pondok Pesantren Al-Anwar III Sarang(Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education)
  2. Kesiapan MI Negeri Menghadapi ANBK: Perspektif Kebijakan Pemerintah dan Realitas di Lapangan(Muallimun: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keguruan)

 

Seminar/Converence:

  1. “It’s Challenging”: Pre-Service Teachers in Teaching Students at Islamic Elementary Level Post Covid-19 Pandemic (Disampaikan dalam International Converence 1thICP & 10th ELITE dan dipublikasikan dalam ELITE JOURNAL: Journal of English Linguistics, Literatur and Education). https://mail.elitejournal.org/index.php/ELITE/article/view/211
  2. Problem Based Learning Pada Pembelajaran PPKn dalam Membentuk Karakter Kerja Keras (Disampaikan dalam Konferensi Nasional Pendidikan Islam, di Universitas Islam Malang, 30 Mei 2023)
  3. Teacher Professional Competence in PAI Learning: Implementation of the Independent Learning Curriculum at SDIT Avicenna Lasem (Disampaikan dalam International Conference on Islam and Global Civilization, di Universitas Islam Malang, 09 Januari 2024)
  4. Artificial Intelligence on Islamic Classical Scientifik Studies in the 21stCentury: Challenges and Expectations (Disampaikan dalam International Conference on Islam and Global Civilization, di Universitas Islam Malang, 13 Januari 2024)
  5. “It’s Exciting and Motivating”: Pre-Service Teachers in Teaching English to Young Learners in Kurikulum Merdeka Implementation(disampaikan dalam Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education dipublikasikan dalam jurnal Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education) DOI: 24235/sicee.v1i0.14580

Minat Kajian:

Teacher Professional Development, Character Education, Teaching Methods, dan Development of learning model