Biografi Singkat:
Nely Rahmawati Zaimah lahir di Rembang, 22 Februari 1988. Tumbuh dan terdidik di lingkungan masyarakat yang kental dengan nuansa pesantren, dia kemudian melanjutkan studi formalnya di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri, Ngawi. Setelah menyelesaikan pendidikan di Gontor, dia melanjutkan jenjang pendidikan tinggi (S1) di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, hingga meraih gelar Magister (S2) dari Program Pascasarjana di kampus yang sama dengan konsentrasi pada bidang Pendidikan Bahasa Arab. Ketekunannya dalam dunia akademik membawanya menjadi dosen tetap di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Anwar, Sarang, Rembang. Di kampus ini, ia aktif mengajar sejumlah mata kuliah di bidang Pendidikan terutama Bahasa Arab.
Selain mengajar, Nely juga dikenal sebagai peneliti yang produktif. Fokus penelitiannya meliputi pengembangan masyarakat, penguatan pendidikan karakter, Isu masyarakat Islam kontemporer, terutama pendekatan inovatif dalam bidang yang ditekuni yaitu pembelajaran Bahasa Arab, termasuk pemanfaatan teknologi dan model translanguaging yang saat ini berkembang pesat di luar negeri, namun masih stagnan di Indonesia saat ini. Ia juga memiliki pengalaman dalam perancangan dan pengelolaan proyek riset, baik yang bersifat kuantitatif, kualitatif, maupun mixed methods. Pendekatan yang menjadi ciri khasnya adalah Participatory Action Research (PAR), yang menempatkan masyarakat sebagai subjek aktif dalam setiap proses perubahan sosial. Hingga pada tahun 2024, ia dipercaya sebagai salah satu kontributor dalam program Litapdimas Kementerian Agama Republik Indonesia, dengan mengangkat tema asimilasi budaya dalam komunitas Tionghoa pesisir melalui praktik keagamaan sebagai cerminan kearifan lokal.
Publikasi:
Buku
- Rancang Bangun Penguatan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam (Buku 1; Untuk MI & MDTA), Mulia Abadi Press, Tuban, 2018.
- Translanguaging Arab, IUQI, Bogor, 2025.
Artikel Jurnal:
- Analisis Progresif Skema Fundraising Wakaf dengan Pemanfaatan E-Commerce di Indonesia, Anil Islam, 2017
- Wakaf dengan pemanfaatan e-commerce di indonesia the progressive analysis of e-commerce utilization based of waqf fundraising scheme in Indonesia, Anil Islam, (2) 2017
- A Relevance of Learning a Foreign Language for an Early Age| Relevansi Pembelajaran Bahasa Asing untuk Anak Usia Dini(Co-author), Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 2023
- Diglossia Dynamics Among L2 Arabic-Speakers of Indonesian Islamic Boarding School; The Translanguaging Influence, Arabia Journal, 2023.
- Twenty-Five Years of Resilience: The Enduring Sociocultural Impact of the 1998 Tragedy on the Christian Chinese Ethnicity in Sarang, Rembang, Central Java, Societas Dei, 2023
- How did its Charity Go? The Practice of Zakat Management in e-Commerce Platforms, (Penulis Pertama) Milkiyah: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2024
- Enhancing Writing Comprehension in L2 Arabic Learners Through Ai-Based Translanguaging Chatbots, Al-Mubin, 2024
- Harnessing Gemini for Arabic Mastery: Educators’ and Learners’ Views, (Penulis Pertama) Alibbaa’ Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2024
- Acceptability and Effectiveness Analysis of Large Language Model-Based Artificial Intelligence Chatbot Among Arabic Learners, (Penulis Pertama) Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 2024.
- Abangan, Kejawen, and the Dream Sellers in Coastal Java: Uncovering the Untold Stories Behind Clifford Geertz’s The Religion of Java(Penulis Pertama), Societas Dei, 2024.
Minat Kajian:
- Translanguaging dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Fokus pada pemanfaatan pendekatan translanguaging untuk mendukung pemerolehan Bahasa Arab di kalangan pelajar non-Arab, khususnya dalam konteks pesantren dan madrasah. - Kepesantrenan Kontemporer dan Transformasi Pendidikan Islam
Kajian tentang dinamika dan pembaruan sistem pendidikan di pesantren, termasuk integrasi kurikulum formal dan tradisional dalam menjawab tantangan zaman. - Pemberdayaan Masyarakat melalui Participatory Action Research (PAR)
Mengembangkan model riset partisipatif sebagai pendekatan kolaboratif dalam menyelesaikan persoalan sosial, kultural, dan pendidikan di lingkungan akar rumput.