Herman Khunaivi, M.Pd.

Biografi Singkat:

Nama: Herman Khunaivi
Institusi: STAI Al-Anwar, Sarang-Rembang, Jawa Tengah.
Jabatan: Lektor/IIID
Email: hermankhunaivi@staialanwar.ac.id

Herman Khunaivi adalah seorang dosen di Program Studi PGMI STAI Al-Anwar Sarang Rembang. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) sebanyak 2 kali atau double degree di bidang [Pendidikan Bahasa Inggris], dan [Sejarah Kebudayaan Islam] dari [UNISSULA], kemudian melanjutkan studi magister (S2) di bidang [Pendidikan Bahasa Inggris] pada [Universitas Negeri Semarang]. Selama berkarier sebagai akademisi, ia aktif dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris, Pengembangan Literasi, dan integrasi teknologi dalam pembelajaran.

Fokus penelitiannya meliputi peningkatan keterampilan membaca, berbicara dalam konteks English as a Foreign Language (EFL), pengembangan pemikiran kritis mahasiswa, serta pemanfaatan ICT untuk mendukung pembelajaran yang inklusif dan inovatif. Ia juga memiliki ketertarikan terhadap metode pembelajaran kolaboratif seperti Literature Circles, serta pendekatan partisipatif dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan. Beberapa karyanya telah dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi, serta dipresentasikan dalam berbagai seminar dan konferensi ilmiah nasional maupun internasional.

Daftar Publikasi Ilmiah:

  1. Portfolio Assessment Implementation Model in Islamic Religious Learning: A Case Study at State Islamic Senior High School 1 Bojonegoro.
  2. Artificial Intelligence on Islamic Classical Scientific Studies in The 21st Century: Challenges and Expectations.
  3. Teacher Professional Competence in PAI Learning (Implementation of The Independent Learning Curriculum at SDIT Avicenna Lasem).
  4. Berbahasa Jawa Krama: Solusi Pembentukan Karakter Bersahabat/Komunikatif Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah.
  5. Social-Emotional Competence: Empirical Evidence from Indonesian Pre-Service Teachers of Islamic Elementary Education.
  6. “It’s Challenging”: Pre-Service Teachers in Teaching Students at Islamic Elementary Level Post Covid-19 Pandemic.
  7. Conversational Analysis in A Sharing Experience: What Comes to Your Mind?.
  8. “It’s Exciting and Motivating”: Pre-Service Teachers in Teaching English to Young Learners in Kurikulum Merdeka Implementation.
  9. Multilinguality of EFL Learners In Pesantren: Post-Humanism Perspective As the Solution.
  10. Problem Based Learning Pada Pembelajaran PPKN Dalam Membentuk Karakter Kerja Keras.
  11. Problem-Based Learning in Pancasila and Civic Education and Its Implications on Students’ National Character.
  12. A Numbered Heads Together in Teaching Reading: Lecturers’ Perception at Al-Anwar Islamic College.
  13. Teachers’ and Students’ Perceptions of Corrective Feedback in Teaching Speaking.

Minat Kajian / Fokus Penelitian:

  • Pembelajaran Bahasa Inggris (EFL) di konteks Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing.
  • Pengembangan keterampilan membaca dan berpikir kritis.
  • Kajian tentang Linguistics.
  • Integrasi ICT dalam pendidikan bahasa.
  • Evaluasi program literasi dan pengembangan profesi guru.