SEKILAS INFO
: - Wednesday, 12-06-2024
  • 1 tahun yang lalu / PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2023/2024 DIBUKA TANGGAL 4 FEBRUARI 2023
  • 4 tahun yang lalu / SILAHKAN UPDATE NIK UNTUK RESERVASI PIN SEBAGAI SYARAT CETAK IJAZAH
Peningkatan Kapasitas Mahasiswa melalui Worskshop Penelitian Mahasiswa Tahun 2022

Sarang – Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STAI Al-Anwar Sarang Rembang berhasil menyelenggarakan Workshop Penelitian Mahasiswa sebagai rangkaian dari program Hibah Penelitian Kompetitif Mahasiswa STAI Al-Anwar Sarang Tahun 2022. Kegiatan berlangsung selama 3 hari dimulai dari hari Rabu (21/12) sampai Jumat (23/12) bertempat di Ruang Baca Putri pada hari pertama dan di Laboratorium IQT pada hari kedua dan ketiga. Acara ini diawali dengan sambutan oleh ketua divisi penelitian P3M yakni Bapak Abdul Najib, M.Ag dan dilanjutkan oleh Bapak Moh Asif, M.Ud. selaku Ketua P3M STAI Al-Anwar Sarang.

Mengawali acara tersebut Moh. Asif, M.Ud. mengatakan “Penelitian adalah sesuatu yang tidak bisa dipelajari dari buku. Penelitian itu seperti orang berenang, orang tidak akan bisa berenang jika tidak terjun ke laut.” Maka adanya workshop ini sangat penting guna membimbing para mahasiswa untuk menyusun proposal penelitian yang akan dikumpulkan pada akhir Januari nanti.

Kegiatan Workshop Penelitian Mahasiswa diikuti oleh 39 peserta dari prodi IQT dan PGMI yang termasuk ke dalam 16 tim dengan judul penelitian yang berbeda-beda. Ketua tim pengusul penelitian berasal dari 8 kelompok mahasiswa IQT dan 8 kelompok yang diketuai oleh mahasiswa PGMI. Hal tersebut nampak karena para peserta wajib mengumpulkan judul dan latar belakang masalah seminggu sebelum kegiatan workshop dilaksanakan. Dalam 3 hari acara, para peserta dibimbing dan diarahkan oleh para pemateri internal yang kompeten di bidang penelitian penyusunan latar belakang, literature review, dan metode penelitian yakni Bapak Moh. Asif, M.Ud. pada pertama, Bapak Ahmad Mushonnif Alfi, M.Ag. pada hari kedua, dilanjut oleh Bapak Abdul Najib, M.Ag. dan Bapak Nur Huda S.Hum., M.A. pada hari ketiga.

Bersama para pemateri ini, para peserta berkesempatan belajar sekaligus praktek bagaimana cara menyusun proposal penelitian sampai laporan penelitian dan publikasi di jurnal ilmiah. “Workshop ini, selain menambah ilmu pengetahuan juga menambah pengalaman. Pengalaman itu penting. Harapan kami semoga semua peserta workshop dapat memaksimalkan pikiran dan tenaganya untuk mengikuti Workshop Penelitian.Mahasiswa yang diadakan oleh rekan-rekan P3M” ujar Bapak Abdul Najib, M.Ag. selaku ketua divisi penelitian P3M STAI Al Anwar Sarang Rembang.

TINGGALKAN KOMENTAR

HUBUNGI KAMI

STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG

NSPTKI : 143331710035 / 213036

Jl. Raya Gondanrojo - Kalipang
KEC. Sarang
KAB. Rembang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 59274
TELEPON (0295) 5391410
FAX (0295) 5391410
EMAIL institusi@staialanwar.ac.id | staialanwar@gmail.com

Advertisement

Peta STAI AL Anwar

Advertisement