SEKILAS INFO
: - Friday, 16-04-2021
  • 3 bulan yang lalu / PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2021/2022 DIBUKA TANGGAL 1 FEBRUARI 2021
  • 1 tahun yang lalu / SILAHKAN UPDATE NIK UNTUK RESERVASI PIN SEBAGAI SYARAT CETAK IJAZAH
Tim Peneliti STAI Al-Anwar yang Diketuai Dr. Abdul Ghofur Maimoen, MA Lolos Hibah Penelitian SBKU Kemenag

Sarang- Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Anwar Sarang termasuk perguruan tinggi Swasta baru yang memiliki dosen-dosen yang berlulusan Dalam Negeri dan Luar Negeri. STAI Al-Anwar selalu memacu para dosennya untuk terus meningkatkan dan mengembangkan Penelitian dengan mengacu Tri Drama Perguruan Tinggi. Oleh karena itu STAI Al-Anwar dengan Upayanya bisa menumbuhkan dosen-dosen  yang memiliki segudang prestasi yang dapat memberikan kemajuan Institusi.

Selain mengadakan Hibah penelitian dosen ditingkat internal kampus, salah satu upaya nyata untuk mewujudkan hal di atas adalah mengikuti Penelitian Kompetitif Berbasis SBKU yang diadakan oleh Litbang Kemenag RI 2021. Pada even nasional ini,  Tim Dosen Peneliti STAI Al-Anwar berhasil lolos bersaing dengan masyarakat umum hingga Dosen-Dosen Perguruan Tinggi Negeri dan Swatsa lainnya. Adalah Dr. Abdul Ghofur Maimoen, MA sebagai ketua tim dengan beranggotakan Abdul Najib, M.Ag dan Ahmad Musonnif Alfi, M.Ag. Bukan hanya sekedar lolos, namun mereka juga menempati urutan pertama dalam daftar lits pemenang yang diumumkan pada 28 Februari 2021. Ini menunjukkan bahwa dosen-dosen STAI Al-Anwar mampu bersaing dengan dosen-dosen institusi yang sudah mapan. Selanjutnya penelitian mereka akan mendapatkan bantuan dana dari kemenag.

Judul yang diangkat mereka adalah “AYAT-AYAT MODERASI DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA TERBITAN TAHUN 2014 DAN 2017 PERSPEKTIF KRITIK IDEOLOGI JURGEN HABERMAS”. Judul ini diambil karena hasil penelitian ini diharapkan memberi manfaat secara teoritis berupa kritik yang membangun dalam diskursus moderasi di Indonesia. Lebih khusus, penelitian ini dapat memberikan opini pembanding dalam penafsiran ayat-ayat yang  digunakan dalam mengampanyekan moderatisme melalui saluran pendidikan di Indonesia. Tutur Abdul Najib sebagai anggota tim dan juga Divisi Penelitian di P3M STAI Al-Anwar. ia juga berpesan,” Ayo  semua Kawan Kawan dosen STAI Al-Anwar mari kita bangun dan kita bersinergi untuk memajukan institusi kita ini  lebih unggul dengan bersemangat menunjukkan kemampuan kita dalam bidang penelitian”.

Secara terpisah, Musonnif Alfi yang juga anggota tim menyampaikan bahwa nantinya penelitian yang lolos ini bukan hanya menjadi laporan hasil penelitian di Kemenag, namun juga akan dibuat artikel jurnal dan Insya Allah terbit pada jurnal bereputasi. Hal demikian dilakukan untuk memenuhi tuntutan laporan penelitian juga sekaligus mengukur sejauh mana hasil penelitian ini dapat diakui secara ilmiah oleh para pakar. Ia juga berharap bahwa hal ini menjadi pacuan terhadap dosen-dosen STAI Al-Anwar dalam melakukan penelitian.

TINGGALKAN KOMENTAR

HUBUNGI KAMI

STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG

NSPTKI : 143331710035 / 213036

Jl. Raya Gondanrojo - Kalipang
KEC. Sarang
KAB. Rembang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 59274
TELEPON (0295) 5391410
FAX (0295) 5391410
EMAIL institusi@staialanwar.ac.id staialanwar@gmail.com

Peta STAI AL Anwar