Warning: Error while sending QUERY packet. PID=3356744 in /home/staialan/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1944
PELATIHAN PENELITIAN DOSEN, STAI Al-ANWAR HADIRKAN PAKAR ICIP | STAI Al Anwar
STAI AL ANWAR, SARANG
(0295) 5391410

STAI Al-Anwar kembali mengadakan pelatihan metodologi penelitian. Dalam pelatihan sebelumnya, kampus pesantren tersebut menghadirkan pakar dari LIPI, Dr. Anas S. Mahfudz dan seorang doktor muda dari UIN Sunan Kalijaga Jogja yang sudah dikenal pakar dalam kajian Agama utamanya Tafsir Al-Quran Dr. Abdul Mustaqim. Dalam penelitian kali ini, kampus tersebut menghadirkan Dr. Phil Syafiq Hasyim, MA., seorang direktur senior dari ICIP (International Center For Islam And Pluralism).

Berbeda dengan pelatihan sebelumnya, acara yang dilaksanakan oleh P3M STAI Al-Anwar kali ini ditujukan khusus untuk para dosen. Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, para dosen dapat lebih maksimal dalam melaksanakan bimbingan skripsi. Acara tersebut diikuti oleh 22 Dosen STAI Al-Anwar.

“Pelatihan ini memang diproyeksikan untuk para dosen agar siap dan maksimal dalam membimbing para mahasiswa yang akan menghadapi tugas skripsi”, terang Abdul Wadud, Ketua P3M STAI Al-Anwar.

Acara yang dilangsungkan di gedung Auditorium Avicena PP. Al-Hamidiyah Lasem tersebut dilangsungkan selama dua hari, yakni pada tanggal 15-16 Desember 2017. Acara ini berisi lima sesi yang berakhir sampai Sabtu sore.

Sesi pertama, berisi seputar langkah mempersiapkan penelitian, meliputi pertanyaan-pertanyaan penelitian, filosofi dan metodologi. Pada sesi kedua, Dr. Syafiq mengisi dengan review literatur. Dilanjut sesi ke tiga, pembahasan metodologi semakin diperdalam. Pada sesi ini, Dr. Syafiq menjelaskan pengambilan data dan etika penelitian. Berlanjut ke sesi selanjutnya, analisis kualitatif dan diakhiri dengan pembuatan outline dalam penelitian.

Acara tersebut ditutup langsung oleh Ketua STAI Al Anwar, Dr. Abdul Ghorur Maemoen, MA. Dalam paparannya, Gus Ghofur menjelaskan, dengan mengambil tema “ Membangun Budaya Penelitian Di STAI Al-Anwar” diharapkan selain meningkatkan kwalitas para pembimbing skripsi, tradisi penelitian di STAI Al Anwar juga semakin meningkat.

“ Dosen harus mampu menjadi percontohan bagi para mahasiswanya dengan terus menghasilkan karya-karya penelitian “, terang Gus Ghofur, Doktor muda jebolan Al-Azhar tersebut.

WordPress Themes