SEKILAS INFO
: - Sunday, 17-10-2021
  • 9 bulan yang lalu / PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2021/2022 DIBUKA TANGGAL 1 FEBRUARI 2021
  • 1 tahun yang lalu / SILAHKAN UPDATE NIK UNTUK RESERVASI PIN SEBAGAI SYARAT CETAK IJAZAH
Latihan 3x dalam Seminggu, PSM Buktikan Konsistensi Anggota

Sarang, Narasi Kampus—Sebagai salah satu UKM di STAI Al-Anwar, PSM Ekantika Voice mampu menunjukkan kiprah dan konsistensi anggotanya. Konsistensi tersebut dapat dibuktikan melalui jadwal latihan 3x seminggu, Ahad, Rabu, dan Jum’at. Awalnya, latihan hanya dilaksanakan dua kali dalam seminggu. Namun, karena banyak anggota yang baru, maka jadwal diperketat menjadi tiga kali seminggu untuk mengejar ketertinggalan materi.

“Aslinya itu (latihan) dua kali dalam seminggu, hari Jum’at dan Ahad. Cuman karna kita ketinggalan materi banyak sekali, jadi ada tambahan jadwal latihan hari Rabu” jelas Elya Retno Oktari, salah seorang anggota PSM.

Salma, anggota PSM, menyebutkan bahwa rahasia dibalik konsistensi anggota PSM rela mengikuti latihan 3x semingga adalah niat yang tulus. “Yak karena yang pertama, kita di PSM itu niat ngabdi ten Babah (mengabdi ke babah, sapaan akrab KH. Abdul Ghofur Maimoen). Karena dari awal, Babah itu selalu mendoakan dan menyemangati. Yang kedua, yak karena jika sekali, dua kali tidak mengikuti latihan maka akan kocar-kacir. Karena PSM itu kan kekompakan satu tim antara not, nada, dan lagu. PSM selain menyerap ilmu tentang nada juga mengajarkan tentang MC, pede, pernafasan, dan smile voice, jadi banyak ilmu yang didapat”, jelasnya.

Kekuatan terbesar PSM berasal dari motivasi dan semangat dari ketua, Roghib Hasan dan pelatih PSM, Fatan. Sejak awal dibentuk, PSM sudah tegas menyatakan bahwa sebagai bentuk khidmah kepada Babah dan STAI Al-Anwar, angota PSM harus istiqomah.

Ria, salah satu pengurus PSM bidang pelatihan, mengungkapkan bahwa kekonsistensian mengikuti latihan karena di dasari rasa suka dan hobi. Sehingga membuat mereka rela mengorbankan segala hal. Hal tersebut juga dibuktikan lewat spanduk yang berisi tanda tangan peserta PSM sebagai bukti semangat. 

“Sampai kita itu bikin spanduk untuk penyemangat kita. Kita menulis bahwa setiap jumat harus berangkat jam 13.00, hari ahad jam 14.15”, imbuh Ria.

Elya selaku anggota PSM juga mengklarifikasi bahwa sebenarnya untuk dibilang konsisten tidak sepenuhnya benar. Sebab dari pesertanya sendiri juga terkadang tidak semuanya berangkat karna sering bertabrakan dengan UKM lain.

“Kalau (bagi saya) PSM itu pelatihnya semangat jadi anggotanya ya ikut semangat. Apalagi nyanyi itu merupakan hobi saya, jadi ya enjoy aja. Seneng”, jelas Elya

PSM tidak memiliki target dalam satu lagu untuk berapa pertemuan. Namun, lebih mengutamakan kemampuan peserta dalam menyerap ilmu. Jadi, satu lagu bisa beberapa pertemuan. Materi lagu yang diberikan dari awal latihan yaitu dimulai Mars, Hymne, Sholawat Nahdiyin, ya lal wathon, dan sa’duna.

“PSM sudah bagus, tapi orangnya terlalu banyak jadi kurang maksimal dalam pelatihannya”, tanggapnya Elya mengenai perkembangan PSM sendiri.    

PSM sebagai wadah pembelajaran olah suara, memiliki outcame yang jelas karena pastinya event-event di STAI tidak bisa lepas dari PSM. Kemajuan yang ditunjukkan dalam PSM dapat dilihat dari kuantitas peserta, teknik pembelajaran, dan jadwal pelatihannya yang lebih teratur dan terstruktur dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk project dari PSM ke depan insyaallah akan menyiapkan lagu baru dan take rekaman liburan ini”, jawab Ria ketika menjawab pertanyaan tentang planning PSM. Ria juga, berharap konsistensi angora PSM terus meninggat dan semakin maju. (mut, as, nn, fw)’

TINGGALKAN KOMENTAR

HUBUNGI KAMI

STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG

NSPTKI : 143331710035 / 213036

Jl. Raya Gondanrojo - Kalipang
KEC. Sarang
KAB. Rembang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 59274
TELEPON (0295) 5391410
FAX (0295) 5391410
EMAIL institusi@staialanwar.ac.id | staialanwar@gmail.com

Advertisement

Peta STAI AL Anwar

Advertisement