SEKILAS INFO
: - Friday, 12-04-2024
  • 1 tahun yang lalu / PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2023/2024 DIBUKA TANGGAL 4 FEBRUARI 2023
  • 4 tahun yang lalu / SILAHKAN UPDATE NIK UNTUK RESERVASI PIN SEBAGAI SYARAT CETAK IJAZAH
LAPORAN PENELITIAN KOMPETITIF DOSEN 2023 MENGUNDANG REVIEWER EKSTERNAL BERPENGALAMAN

Sarang_Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) STAI Al-Anwar Sarang menyelenggarakan Sidang Laporan Penelitian Kompetitif Dosen Tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan pada hari Ahad, 9 April 2023 pukul 13.30 WIB. Acara dimulai dengan pembukaan bersama di Laboratorium IQT. Acara dibuka oleh Wakil Ketua 1 STAI Al-Anwar, KH. Abdullah Mubarok.
Dalam sambutannya, beliau menekankan kesadaran kerja Penelitian oleh dosen masih belum optimal, karena itulah program penelitian kompetitif ini diadakan.
“Dalam rangka upaya peningkatan kualitas Penelitian Dosen, didatangkanlah reviewer-reviewer dengan reputasi di bidang penelitian dan publikasi yang sangat kredibel. Maka, hari ini kami benar-benar ingin belajar. Jadi mohon nanti saat memberikan komentar, para reviewer nanti silakan untuk galak.” Ungkap Gus Barok-sapaan akrab Beliau dalam sambutannya.
Setelah itu penutup dan dilanjutkan review para peneliti di tiga majelis yang sudah ditentukan. Yakni Laboratorium IQT, Ruang P3M dan Ruang LPM.
Kegiatan Penelitian Kompetitif Dosen Tahun 2023 diikuti oleh 15 peserta yang termasuk kedalam 12 tim. Siang itu, antusias peserta yang berasal dari kalangan dosen IQT dan PGMI sangat tampak dengan kehadiran seluruh peserta secara luring untuk presentasi di depan penguji. Di majelis 1 pesertanya: 1) Ibu Fitri Febriyanti, M. A, 2) Fatihatus Sakinah, 3) Moh. Muhyidin, M. Ag dan 4) Risty Kamila Wening Estu, M. S. Yang diuji oleh prof. Dr. Jajang A. Rohmana, M. Ag dan Muhammad Asif yang juga ketua P3M.
Majelis 2, di Laboratorium IQT dengan penguji Prof. Dr. Toto Suharto,, M. Ag dan Moh. Najib, Lc, M. Th. I dengan peserta 5) Nely Rahmawati Zainah, M. Pd. I dan 6) Syamsul Hadi, M. Pd, 7) Ali Ja’far, M. A, 8) Burhanuddin Mustofa, M. Pd, 9) M. Jamalul Huda, M. Pd dan 10) Sokhibun Niam, M. Pd. Majelis ketiga, ruang LPM dengan Juri Dr. Moch. Nur Ichwan, S. Ag., M.A dan Dr. M. Ridlwan Hambali, Lc., MA dengan peserta 11) ‘Azzah Nurin Taufiqotuzzahro’, 12) M.A, Abdullah Mubarak, Lc., M. Th. I, 13) Abdul Najib, M. Ag dan 14) Aji Pangestu, S.Pd , 15) Faridlatus Sya’adah, M. Hum.
Pada acara tersebut, Devisi Penelitian P3M STAI Al-Anwar Sarang sebagai panitia penyelenggara berhasil mengundang beberapa reviewer dan penguji eksternal maupun internal kampus. Seluruh reviewer dapat hadir untuk memberikan masukan dan revisi untuk meningkatkan kualitas penelitian dosen di lingkungan kampus STAI Al-Anwar Sarang.
Penguji eksternal yang diundang yakni Bapak Prof. Dr. Jajang A. Rohmana, M. Ag ( UIN Bandung), Prof. Dr. Toto Suharto, M. Ag (UIN Raden Mas Said Surakarta) dan Dr. Moch. Nur Ichwan, S. Ag., M.A. (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) selain itu, juri internal yang juga turut hadir mencurahkan gagasannya seperti Bapak Moh. Najib, Lc, M. Th. I, Dr. M. Ridlwan Hambali, Lc., MA dan Muhammad Asif.
Ketua P3M, Bapak Muhammad Asif berharap supaya penelitian di internal dosen semakin meningkat baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.
“Kita sengaja mengundang para reviewer dari luar (lembaga) seperti Dr. Moch. Nur Ichwan, Prof. Toto Suharto, Prof. Jajang Rohmana agar selain bisa menilai laporan secara objektif, juga bisa memberikan masukan-masukan yang kontributif sekaligus menularkan pengalaman-pengalaman riset mereka. Ketiga reviewer itu selain punya pengalaman yang kaya tentang riset (baik di dalam maupun luar negeri) mereka adalah juga para reviewer di banyak jurnal internasional bereputasi”.

Peserta Penelitian Kompetitif Dosen Tahun 2023 mempunyai judul dan ruang lingkup penelitian yang beragam. Hal tersebut tampak melalui objek kajian, kerangka teori, maupun metode penelitian yang digunakan dosen sebagai peneliti. Sebelum kegiatan sidang terselenggara, peserta yang berasal dari dosen prodi IQT maupun PGMI mengirim dan mencetak naskah laporan lalu menyerahkannya kepada panitia, kemudian panitia mengecek tingkat plagiarisme sehingga layak diujikan pada saat sidang laporan.
Bapak Muhammad Asif selaku reviewer sedikit memberikan catatan mengenai laporan penelitian yang Beliau review dengan Bapak Jajang A. Rohmana.
“Menurut saya tema penelitian kita secara umum bagus-bagus, bahkan sebagaimana dikatakan pak Jajang tema-temanya unik, khas dan tidak mengulang tema penelitian di tempat lain. Topik seperti tradisi pengajaran Hadis di pesantren Sarang, Kurikulum di MGS, pemikiran Hadis kiai Abul Fadhol, tentang Hymne STAI sebetulnya adalah topik-topik yang meskipun sangat lokal, namun memiliki kekhasannya tersendiri. Namun memang yang menjadi catatan, kita masih perlu mengaitkan topik-topik tersebut ke dalam diskursus akademik yang lebih luas, selain tentu menghadirkan laporan yang deep dan data-data yang kaya. Peneliti yg baik adalah ketika bisa menarik suatu topik yang mungkin lokal, tetapi bisa dibawa ke dalam dirkursus akademik yang lebih luas di kalangan sarjana-sarjana lain yang sudah mapan dari berbagai belahan dunia”.
Beliau menambahkan untuk mencapai hal tersebut, tentu perlu terus belajar dan banyak membaca (terutama penelitian-penelitian terbaru yang dimuat di jurnal-jurnal atau buku-buku yang otoritatif) dan terus melakukan penelitian.
“Saya mewakili P3M juga ingin mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerjasama bapak ibu dalam program penelitian di STAI Al-Anwar. Tentu dari penelitian yg telah didanai oleh kampus kita ini, kami berharap bisa menghasilkan publikasi-publikasi baik di jurnal-jurnal yang bereputasi maupun buku yang bisa dibaca secara luas”. Urai Bapak Muhammad Asif
Bukan hanya mahasiswa dan mahasiswi saja yang dituntut aktif dalam melakukan riset kampus, tetapi juga para dosen. Dengan peningkatan kualitas dan kuantitas ini, akan tercipta iklim akademisi di kalangan dosen. Hal ini menjadi bukti bahwa P3M terus mendukung dan memfasilitasi para dosen untuk melakukan penelitian salah satunya sebagai bakti tri dharma perguruan tinggi, khususnya bidang penelitian. (shh)

TINGGALKAN KOMENTAR

HUBUNGI KAMI

STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG

NSPTKI : 143331710035 / 213036

Jl. Raya Gondanrojo - Kalipang
KEC. Sarang
KAB. Rembang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 59274
TELEPON (0295) 5391410
FAX (0295) 5391410
EMAIL institusi@staialanwar.ac.id | staialanwar@gmail.com

Advertisement

Peta STAI AL Anwar

Advertisement