SEKILAS INFO
: - Sunday, 17-10-2021
  • 9 bulan yang lalu / PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2021/2022 DIBUKA TANGGAL 1 FEBRUARI 2021
  • 1 tahun yang lalu / SILAHKAN UPDATE NIK UNTUK RESERVASI PIN SEBAGAI SYARAT CETAK IJAZAH
Bersaing dengan Profesor dan Doktor, Musonnif Alfi Lolos Menjadi Tim Ahli Penilai Buku Agama di Kemenag RI

Sarang- Salah satu dosen STAI Al-Anwar Sarang Rembang, Ahmad Musonnif Alfi kembali menorehkan prestasi dengan menjadi Tim Penilai Buku Pendidikan Agama di Kemenag RI. Melalui program yang diselenggarakan oleh Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKMO) Balitbang-Diklat Kemenag, ia menyingkirkan 1000 lebih dari peserta yang mendaftar program tersebut. Sekedar diketahui bahwa peserta yang mendaftar Reviewer Buku (Tim Penilai) berjumlah 1556 orang dengan 28 bergelar professor, 407 bergelar doktor, dan sisanya bergelar magister. Seluruh rangkaian seleksi dilaksanakan dengan daring.

Dalam pengakuannya, Musonnif sempat pesimis dengan saingan yang ada. Namun ia tetap yakin dan semangat pasti dapat melalui tahapan seleksi tersebut. Karena menurutnya, di dunia ini tidak ada hal yang tidak mungkin dan semua orang mempunyai kesempatan yang sama. Keyakinan inilah yang dulunya juga mengantarkannya pada prestasi lulusan terbaik saat kuliah di pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya maupun lomba-lomba yang pernah diikutinya.

Sejarah pendidikan yang lebih baik, dapat dirancang dengan upaya yang maksimal dalam perencanaan program pendidikan saat ini. Perencanaan program pembangunan pendidikan tersebut diantaranya dapat melalui kebijakan kelembagaan yang terlibat, kebijakan kurikulum, kebijakan perbukuan, dan kebijakan karir serta usaha peningkatan mutu. Sebab itu, melalui kebijakan perbukuan yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama (Kemenag) ia berkeinginan menjadi salah satu perancang pendidikan yang baik di masa depan dengan mengambil  bagian di Tim Penilai Buku Pendidikan Agama KEMENAG RI (terangnya via chat WA). Dengan ini ia dapat ikut serta berkiprah merancang pendidikan Indonesia di masa depan.

Kepala Balitbang Diklat Prof. Achmad Gunaryo menyatakan bahwa Penilaian Buku Pendidikan Agama (PBPA) termasuk pada program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan meningkatkan literasi masyarakat. “Sesungguhnya penyelenggaraan negara dalam rangka memenuhi pelayanan terhadap masyarakatnya. Maka memberikan pelayanan yang terbaik menjadi salah satu hal yang harus kami lakukan,” ujar Gunaryo.

Para Penilai merupakan gabungan dari tenaga fungsional/ahli internal Kementerian Agama dan/atau tenaga fungsional/ahli dari eksternal Kementerian Agama yang memenuhi kriteria sebagai berikut: Berpendidikan minimal S2, Memiliki  kompetensi terkait aspek  substansi/materi, bahasa,  penyajian, dan kegrafikaan, serta tahqiq dalam penggunaan istilah keagamaan lainnya terkait Buku Pendidikan Agama yang dinilai, Memiliki kompetensi terkait kurikulum dan pembelajaran serta keterbacaan Buku Pendidikan Agama. (M/*)

TINGGALKAN KOMENTAR

HUBUNGI KAMI

STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG

NSPTKI : 143331710035 / 213036

Jl. Raya Gondanrojo - Kalipang
KEC. Sarang
KAB. Rembang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 59274
TELEPON (0295) 5391410
FAX (0295) 5391410
EMAIL institusi@staialanwar.ac.id | staialanwar@gmail.com

Advertisement

Peta STAI AL Anwar

Advertisement