SEKILAS INFO
: - Wednesday, 13-11-2019
  • 2 bulan yang lalu / Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Rekutmen 2019
  • 2 bulan yang lalu / Hibah Penelitan Mahasiswa Raih Total 25 Juta Rupiah
  • 3 bulan yang lalu / PENDAFATARN MAHASISWA BARU 2019 TELAH DITUTUP
WORKHSHOP PELATIHAN MEMBUAT MAKALAH

REMBANG- “Cerdas Bermakalah Cermin Insan Cendekia” demikianlah tema yang diusung dalam Opening Workshop Pendidikan dan Pelatihan Penulisan Makalah  Rabu (23/10) di Auditorium Lantai II . Dihadiri pimpinan kampus, acara pembukaan workshop diikuti dosen dan mahasiswa.

Sebagai bentuk upaya mencetak mahasiswa yang cerdas dalam hal penulisan makalah, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Sub Kemahasiswaan menyelenggarakan workshop pelatihan penulisan makalah. Hal ini bertujuan  memberi pemahaman terhadap dosen dan juga mahasiswa tentang bagaimana penulisan makalah yang baik dan benar sesuai dengan prosedur pembuatan makalah yang ada di kampus. Kegiatan yang berlangsung merupakan workshop pelatihan penulisan makalah perdana yang diadakan oleh kampus setelah beberapa kali sebelumnya diselenggarakan secara masif dan mandiri dari Unit Kegiatan Mahasiswa.

Secara ceremony, acara dimulai pukul 14.10 WIB dengan pembacaan Al-Qur’an sebagai awal rangkaian acara  kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh pengasuh. Dalam kesempatan tersebut Ketua STAI Al-Anwar Sarang, Babah Abdul Ghofur bicara kepada para hadirin mengenai  pentingnya mengerti serta memahami cara menulis makalah yang baik dan benar khususnya bagi para mahasiswa.

“Mengerti serta memahami cara penulisan makalah dengan baik dan benar bukan hanya tugas seorang mahasiswa saja melainkan juga bagi dosen. Dengan begitu diharapkan terbentuklah sebuah visi dan misi yang seragam dalam penulisan makalah.” Tutur beliau.

“Kegiatan ini merupakan program bidang kemahasiswaan yang bertujuan agar nantinya ketika menulis skripsi mahasiswa tidak kesulitan karena sudah terbiasa ketika menulis makalah.” Tambahnya.

Selama berlangsungnya acara, Kaprodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Najib Bukhori yang ditunjuk sebagai narasumber utama memberi penjelasan tema makalah. Beliau memaparkan pengertian makalah, bagaimana cara menulis yang benar, seperti apakah perbedaan antara makalah dengan jurnal ataupun artikel, dan sebagainya.

“Karakteristik makalah kita tidak berada pada penelitian tapi non penelitian. Maka dari itu makalah bukanlah penelitian.” Jelasnya.

“Makalah itu tidak perlu adanya rumusan masalah, karena hal itu adalah termasuk penelitian” Imbuhnya.

Selanjutnya workshop akan dilaksankan mulai 23-30 Oktober. Peserta yang diwajibkan mulai dari smester 1 hingga 5. Adapun jadwal, tempat dan waktu sudah ditempelkan di papan pengumuman kampus. Bisa jadi kegiatan ini menjadi kegiatan rutinan setiap tahun.

Selama berlangsungnya acara tidak terjadi suatu gangguan apapun, Rangkain acara ditutup dengan pembacaan doa oleh beliau KH. Rofiq Musa pukul 16.30 WIB. (Ka/*)

TINGGALKAN KOMENTAR

HUBUNGI KAMI

STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG

NSPTKI : 143331710035 / 213036

Jl. Raya Gondanrojo - Kalipang
KEC. Sarang
KAB. Rembang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 59274
TELEPON (0295) 5391410
FAX (0295) 5391410
EMAIL institusi@staialanwar.ac.id staialanwar@gmail.com

Peta STAI AL Anwar