STAI AL ANWAR, SARANG
(0295) 5391410

SARANG, STAI Al-Anwar kali ini mendapat penghormatan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Talkshow dalam acara Catatan Najwa. Acara yang diadakan di lantai satu STAI Al-Anwar tersebut diisi langsung oleh Najwa Shihab  bersama dengan Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen, Sabtu (15/4).
Tokoh yang akrab disapa Mbak Nana ini mengaku sangat senang dengan Talkshow kali ini, sebab ini adalah kali pertama Talkshow catatan Najwa diadakan di pesantren. Acara yang bertema “Cerdas Bermedia” tersebut telah dipadati pengunjung bahkan satu jam sebelum acara dimulai. Acara tersebut dimulai pada pukul 15.20 WIB dibuka oleh paduan suara STAI Al-Anwar.

Sebagai duta baca, pertama-tama Najwa memulai dengan menjabarkan keadaan minat baca di Indonesia. Najwa menyampaikan bahwa Indonesia merupakan Negara dengan penduduk yang minim minat baca.  “ dari survey 61 negara, Indonesia menempati urutan nomor dua dari bawah, tingkat bacanya saja 0,01 %” terang Mbak Nana, Duta Baca Indonesia yang didaulat tahun lalui itu.

Dalam kesempatan lain, Najela Shihab, menjelaskan, permasalahan minat baca bukan hanya terletak pada minimnya minat masyarakat, tapi juga pada akses membaca yang masih minim disediakan. Sebab, dalam beberapa kunjungannya, Mbak Ela, sapaan akrab Najela Shihab, banyak menemukan fakta bahwa beberapa tempat yang dengan sadar memberikan akses baca serta kesadaran kepada masyarakat mendapat sambutan dan antusiasme baca yang tinggi dari masyarakat setempat. “ Masalah baca bukan hanya pada minimnya minat, namun lebih kepada akses membacanya” terang adik Najwa Shihab yang ahli Psikologis itu.

Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen, selaku pengamat dunia literasi pesantren mencoba menjelaskan seputar pentingnya sadar dan cerdas dalam bermedia. Gus Ghofur bertutur bahwa di era teknologi dan informasi, semua orang memiliki kekuasaan penuh untuk menjadi pemberita. Oleh sebab itu, kesadaran perindividu sebagai seorang pemberita yang baik haruslah dijaga. Selain itu, pembaca haruslah cerdas dalam memilah sebuah berita, “ dan saya kita hal ini bisa kita mulai dari pesantren” terang Doktor jebolan Al-Azhar Kairo tersebut.

Di penghujung acara, Mbak Nana membagi-bagikan beberapa buku kepada para peserta yang hadir. Hal ini mendapat sambutan yang hangat serta keriuhan dari para peserta. Mereka berharap dapat mengabadikan momen tersebut dengan berfoto bersama Mbak Nana di atas Panggung. Arif, salah seorang peserta yang mendapat hadiah buku pada acara tersebut mengaku sangat senang. “senang sekali mendapat kesempatan untuk berfoto dengan Mbak Nana di atas panggung” girang mahasiswa semester dua STAI Al-Anwar.

WordPress Themes