SEKILAS INFO
: - Wednesday, 13-11-2019
  • 2 bulan yang lalu / Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Rekutmen 2019
  • 2 bulan yang lalu / Hibah Penelitan Mahasiswa Raih Total 25 Juta Rupiah
  • 3 bulan yang lalu / PENDAFATARN MAHASISWA BARU 2019 TELAH DITUTUP
PROFIL HAFIDZATUL HILMI MAHASISWI IQT BIDIKMISI BERPRESTASI “HASIL TAK PERNAH MENGHIANATI USAHA”

الأجر بقدر التعب bahwa hasil tak pernah menghianati usaha. Seberapa besar usaha kita, maka sebesar itu pula kerhasilan yang akan didapat. Selain do’a, inilah yang selalu menjadi motivasi dari seorang Hafidzatul Hilmi dalam setiap usahanya.  Dara berdarah Magetan ini merupakan mahasiswi bidikmisi dari program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Dua pekan lalu berhasil mendapatkan sebuah laptop dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Mohamad Nasir dalam kuliah umum (28/9). Hadiah tersebut  sengaja diberikan untuk mahasiswa yang memiliki IPK tinggi. Saat itu, ada 4 mahasiswa terpilih, satu diantara mereka merupakan Hilmi dengan IPK 3,7.

Hilmi memang diantara mahasiswi berprestasi. Ketika  duduk di bangku sekolah dasar ia selalu mendapatkan peringkat pertama kecuali pada kelas II SD. Di bangku kelas II SD itu, ia mengalami kecelakan sehingga mengharuskan untuk istirahat selama kurang lebih satu bulan.

 Setelah ia lulus dari SDIT Ulil Albab Magetan, Hilmi meneruskan studinya ke Ponpes Darul Huda Mayak, Ponorogo. Keinginannya untuk mondok memang telah ada sejak di bangku SD. Enam tahun di Mayak ia masih tetap dikukuhkan sebagai santri berprestasi. Bahkan saat berada di kelas XII ia mendapat nilai tertinggi jurusan agama se- MA Darul Huda Mayak. Ia juga memperoleh peringkat pertama pada Ujian Akhir Madrasah (UAMBN) se-kabupaten Ponorogo. Semua prestasi yang ia dapatkan tak lain karena usahanya yang besar.

Kecintaannya dengan pelajaran tafsir membuat Hilmi ingin melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan tafsir al-Qur’an. Saat itu ada dua universitas yang ia inginkan, yaitu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Di Yogyakarta, Hilmi mendaftar dengan jalur UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislaman Negeri). Selain itu, ia juga mengambil jalur PBSB (Program Beasiswa Santri Berprestasi). Keadaan berkata lain, ia belum berhasil keduanya.

 Setelah itu, Hilmi mencoba mendaftar di UIN Sunan Ampel Surabaya, beralih ke jurusan Bahasa Arab melalui jalur SPAN PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keislaman Negeri). Sayang sekali ia juga belum berhasil.

Di tengah kekecewaannya, ia teringat dengan alumni STAI Al-Anwar, Muna. Momen bertemu dengan Muna adalah ketika mengikuti Ngaji Pasanan di PP. Al-Anwar Karangmangu. Saat itu keduanya belum saling kenal.

 Saat menunggu hasil kelulusan dari jalur PBSB (Program Beasiswa Santri Berprestasi) di Malang, Hilmi masih berada di pondok. Untuk mengetahui kelulusan, ia meminta izin pengurus pondok untuk membuka hp. Kebetulan Muna merupakan pengurus keamanan di Al-Anwar pusat.

 “Di Yogya kamu mau ambil jurusan apa, Dik?” tanya Muna saat itu.

 “IAT, Mbak. Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir”.

 Karena yang disebutkan adalah tafsir, Muna semangat memberi informasi seputar STAI Al-Anwar. Bahwa kampus ini didirikan oleh simbah KH. Maimun Zubair, diasuh oleh Babah Abdul Ghofur Maimun, dan seterusnya. Dari situlah, Hilmi langsung mencari informasi lebih lanjut tentang STAI Al-Anwar. Ia meminta brosur pada salah satu temannya, Ika Wahyuningsih. Ika memang memiliki rencana untuk melanjutkan di kampus tersebut. Dari informasi yang terkumpul, oleh orang tua disetujui. Akhirnya Hilmi mantap melanjutkan kuliah ke Sarang.

 Saat itu ia berfikir, mengapa dari awal tidak memilih Sarang. Mengapa harus susah payah medaftar di sana-sini melalui jalur yang berliku, sedangkan jika yang diinginkan adalah ‘tafsir’ maka Sarang solusinya. Dalam perjalanannya, ia juga mendapatkan beasiswa bidikmisi. “Sekali lagi semua itu hasil dari sungguh-sungguh.” Ucap Dara kelahiran Magetan, 23 September 1998. 

Selain berprestasi Hilmi juga aktif berorganisasi. Di kampus, ia masuk dalam LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Garda Pena dan HMP IQT (Himpunan Mahassiwa Prodi Ilmu Alqur’an dan Tafsir). Di HMP IQT 2018-2019 ia didaulat sebagai bendahara. Periode selanjutnya melalui sistem coblosan pilih langsung ia terpilih sebagai ketua II mendampingi Muhammad Nahidl. Saat itu Nahidl-Hilmi mengalahkan pasangan Misbah-Za’imah.

 Dengan terpilih sebagai ketua II HMP IQT, Hilmi berharap dapat menjadikan prodi IQT semakin berkembang. Apa yang menjadi kebutuhan mahasiswa IQT,  dapat terwadahi. Selain itu, dari HMP IQT ia juga mulai belajar untuk mengayomi, momong, rasa tanggung jawab, ketekunan belajar, dan sifat ramah dengan sesama.

 Dari banyak prestasi yang telah ia dapatkan satu motivasi yang sangat melekat adalah apa yang sering dikatakan oleh sang ayah,  bahwa yang terpenting adalah usaha karena usaha tak pernah menghianati hasil. Sebagaimana yang telah disampan di awal. (Za/*) 

*) Insert dari kiri ke kanan : Wakil Gubernur Jawa Tengah Gus Yasin, Menristekdikti Moh. Nasir, Hafidzatul Hilmi, Ika Wahyuningsih, Agung, Asyrof Sanid, dan Ketua STAI Al-Anwar Babah Abdul Ghofur.

TINGGALKAN KOMENTAR

HUBUNGI KAMI

STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG

NSPTKI : 143331710035 / 213036

Jl. Raya Gondanrojo - Kalipang
KEC. Sarang
KAB. Rembang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 59274
TELEPON (0295) 5391410
FAX (0295) 5391410
EMAIL institusi@staialanwar.ac.id staialanwar@gmail.com

Peta STAI AL Anwar