SEKILAS INFO
: - Tuesday, 01-12-2020
  • 3 bulan yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 Telah di tutup
  • 10 bulan yang lalu / SILAHKAN UPDATE NIK UNTUK RESERVASI PIN SEBAGAI SYARAT CETAK IJAZAH
  • 11 bulan yang lalu / PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2020/2021 DIBUKA TANGGAL 8 FEBRUARI 2020
Pembekalan Praktek Kerja Lapangan IQT 2020

Rembang – Senin pagi (26/10) Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir  (IQT) STAI Al-Anwar mengadakan pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa IQT semester 7.

Setelah acara dibuka, Kaprodi IQT Abdul Wadud Kasyful Humam mengingatkan kepada mahasiswa agar memaksimalkan kegiatan PKL ini walaupun kegiatan dilaksanakan secara terbatas. Beliau melanjutkan bahwa dalam materi PKL akan diisi oleh para pakar terjemahan dari Lembaga Pentashihan Mushaf al-Qur’an (LPMQ).

“Pada PKL nanti, akan disiapkan enam orang pakar tarjamah Al-Qur’an untuk diwawancara. Wawancaranya akan dilakukan secara online,” ungkapnya.

Pada pembekalan PKL ini, dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas teori, metode penerjemahan, dan pengaplikasiannya dalam Terjemahan Al-Qur’an Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia. Sesi pertama disampaikan Ketua STAI Al-Anwar Sarang Dr. KH. Abdul Ghafur Maimoen.

Mengawali materi, Babah –sapaan K.H. Abdul Ghofur Maimun- menyampaikan bahwa proses Terjemah Al-Qur’an tidak hanya terpaku pada buku atau kitab Ulum Al-Qur’an, tapi juga teori Barat.“Ini agak panjang, ya.  Tapi tidak apa-apa, kuliah lagi,” ungkapnya.

Di dalam buku Ulum Al-Qur’an, jelas Babah, teori Terjemah Al-Qur’an sangat ketat. Maka digunakan teori Barat agar tidak ketat sampai ujungnya mengatakan haram.  “Biar tidak terpaku pada teori-teori terjemah yang ada di dalam buku-buku Ulum al-Qur’an. Karena teori terjemah dalam buku Ulum al-Qur’an itu sangat ketat sekali. Kita cari yang tidak ketat, lah. Biar ujungnya tidak sampai mengatakan haram. Tentu rujukannya banyak bahasa Inggris, tapi saya coba untuk (menjelaskan ke dalam bahasa Indonesia) definisniya, karena penulis teori Terjemah banyak orang barat,” imbuhnya.

Sesi kedua pukul setengah dua siang, peyampaian materi sejarah dan dinamika Terjemahan Al-Qur’an. Sesi ini diisi Wakil Ketua I K.H. M. Najib Bukhori. (ID/*)

TINGGALKAN KOMENTAR

HUBUNGI KAMI

STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG

NSPTKI : 143331710035 / 213036

Jl. Raya Gondanrojo - Kalipang
KEC. Sarang
KAB. Rembang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 59274
TELEPON (0295) 5391410
FAX (0295) 5391410
EMAIL institusi@staialanwar.ac.id staialanwar@gmail.com

Peta STAI AL Anwar