STAI AL ANWAR, SARANG
(0295) 5391410

REMBANG- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rembang mengadakan donor darah yang ditujukan kepada mahasiswa STAI Al Anwar (6/12). Bekerja sama dengan DEMA, kegiatan ini dimulai pukul 09.00. Terlihat beberapa petugas PMI yang membawa berbagai peralatan medis. Adapun tempat donor darah dipisah, putera di dalam bus, puteri di dalam ruang tamu.

Sebelum tahap donor darah, mahasiswa pendonor diperiksa terkait tekanan darah, hb, dan kelayakan. Dalam pamflet yang dibagikan DEMA, dipaparkan beberapa manfaat donor darah; meliputi menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah, Menurunkan risiko kanker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius, membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia.

Dalam rangkaian acara lanjutan, Sosialisai Kepalangmerahan yang diisi Br. Anggara Dwi Sulistyanto, S.ST., M.Kes. tema yang diangkat yakni Pencerahan Kesehatan Pesantren di Era Milenial. Diikuti perwakilan kelas, Anggara menyampaikan materi dengan jenaka. “Pekerjaan saya adalah nurse (perawat). Tapi karena saya laki-laki, maka dikasih gelar Br; Bruder.” Papar laki-laki kelahiran 6 Desember 1988.

Materi yang disampaikan Germass (Gerakan Masyarakat Sehat). Diapaparkan bagaimana hidup sehat terutama di lingkungan pondok. Anggara menghimbau untuk selalu beraktifitas fisik, memakan sayur dan buah, menghindari rokok, menghindari alkohol, menegecek kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban yang baik. “Terkait rokok saya tidak akan berkomentar banyak, karena cukai rokok menutup gaji kami. Jika ada forum yang lain, maka dibahas disana.” Lanjutnya sambil tersenyum.

Selanjutnya terkait materi kepalangmerahan, Anggara menghimbau untuk mendirikan KSR (Korps Suka Rela). Dalam KSR akan dibekali pelatihan medis oleh PMI. Setelah ada KSR nantinya akan menunjang diadakannya Poskestren (Pusat Kesehatan Pesantren). “KSR setidaknya ada di kampus-kampus seperti Unnes dan Undip. Kemarin YPPI Rembang sudah mengajukan MoU. Nah, dalam sosialisasi kali ini jika STAI Al Anwar juga mendirikan KSR, maka sosialisasi berhasil.” Ujarnya sambil mengarah Ketua DEMA; Azis B.S. (*)

WordPress Themes