SEKILAS INFO
: - Thursday, 05-12-2019
  • 3 bulan yang lalu / Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Rekutmen 2019
  • 3 bulan yang lalu / Hibah Penelitan Mahasiswa Raih Total 25 Juta Rupiah
  • 4 bulan yang lalu / PENDAFATARN MAHASISWA BARU 2019 TELAH DITUTUP
Bersama PMI Rembang, DEMA adakan Donor Darah

Sarang, Narasi gp—Dema melalui Kementrian Dalam Negerinya (kemendagri) bekerjasama dengan PMI Rembang mengadakan donor darah,  Sabtu (19/11). Donor darah dilaksakan di bus PMI yang bertempat di halaman STAI Al-Anwar untuk putri dan di UKS PP Al-Anwar 3 untuk putra. Acara dimulai pukul 09.30 WIB hingga selesai. “Menurut rencana acara dilaksanakan pukul 09:00 WIB namun karena ada terkendala macet acara mundur sampai jam setengah sepuluh” tutur Aji selaku anggota Dema yang bertugas.

Ervi mengatakan Donor darah merupakan suatu kegiatan sosial dalam bentuk menyumbangkan darah yang dilakukan oleh seseorang. “tinjauan arti dari donor darah adalah seseorang yang menyumbangkan darahnya yang kemudian digunakan dengan tujuan untuk menolong orang lain secara sukarela” tuturnya.

Selanjutnya Ervi menjelasakan bahwa tidak semua orang dapat mendonorkan darahnya. “Pendonor itu harus sehat misalnya sehat jantung, berat badan ideal minimal 45 kg, kadar hemoglobin minimal 12,5g/dl  dan maksimal 17 g/dl, tidak dalam menstruasi bagi perempuan, tekanan darahnya juga harus diperhatikan” tutur Ervi

Sebelum mendonorkan darahnya terlebih dahulu calon pendonor akan diperiksa oleh petugas donor darah. Semua persyaratan umum seperti mencatat biodata diri dan penghitungan berat badan. Setelah semua prosedur selesai, pendonor akan diperiksa kadar Hb-nya (Red: hemoglobin) dengan mengambil sampel darah dan tensinya. Selanjutnya pengambilan darah pendonor pun dilakukan.

Foto: Suasana donor darah putra

“Hal ini guna mengetahui apakah Anda mengalami penyakit tertentu atau tidak. Cara ini bisa pula digunakan untuk mendeteksi penyakit seperti sifilis, HIV, hepatitis atau penyakit lainnya.” terang Ervi.

Para mahasiswa juga antusias mengikuti donor darah kali, salah satunya Badi’ Ni’matul Izzah. Ia menceritakan baru pertama kali mendonorkan darahnya. Kesan pertama kali saat mendonorkan darah yaitu tidak takut sama sekali dengan jarum sebesar pipet bulpoin itu karena sudah biasa melihat jarum.

“saya sudah biasa melihat jarum jadi ya biasa aja” ucapnya.

Badi’ berharap adanya donor darah ini yaitu untuk memperkuat rasa sosialisme antara mahasiswa dengan masyarakat dan mewujudkan semangat kepedulian kepada sesama. Sedangkan hal yang berbeda diutarakan oleh Balya Riryal Muhamady. Dia mengutarakan bahwa donor darah ini sudah yang ketiga kalinya. “Berawal dari keprihatinan saya dengan kondisi orang-orang yang membutuhkan darah, dan itu pernah terjadi pada adikku sediri. Pada saat itulah aku mulai rutin untuk mendonorkan darah” jelasnya.

Dari pihak PMI berharap donor darah ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan rutin selama tiga bulan sekali. “Saya berharap kegiatan ini rutin ya 3 bulan sekali. dengan donor darah ini mahasiswa STAI Al-Anwar bisa menyumbangkan darah untuk membantu sesama.” tutur Ervi.

Sementara itu dari pihak Dema berharap agar dapat bekerjasama seterusnya denan pihak PMII. Karena kegiatan ini sangat bermanfaat sekali. (Tnar)

TINGGALKAN KOMENTAR

HUBUNGI KAMI

STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG

NSPTKI : 143331710035 / 213036

Jl. Raya Gondanrojo - Kalipang
KEC. Sarang
KAB. Rembang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 59274
TELEPON (0295) 5391410
FAX (0295) 5391410
EMAIL institusi@staialanwar.ac.id staialanwar@gmail.com

Peta STAI AL Anwar